0813 2638 7999

Honda Brio Satya 2021

Brio Satya Semarang

Menjejak generasi kedua, mobil murah favorit umat ini mendapat permak mayor di wajah dan punggung, yang sukses membuatnya jadi kian agresif, sporty dan eye catching!

Harga & Varian

Brio Satya adalah mobil Honda termurah di Indonesia. Harganya tereduksi dan lebih terjangkau lantaran masuk dalam program Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan (KB2H) atau lebih tenar sebagai LCGC (Low Cost Green Car).

Honda Brio Satya
Hemat maharnya! Sepasang Satya siap dipinang.

Perlu disampaikan, sejatinya Brio tak dirancang bangun sebagai LCGC! Ia sengaja “diturunkan pangkatnya” demi merengkuh pasar yang lebih luas. Fakta ini terang menguntungkan, lantaran konsumen kini dapat menikmati DNA mobil Honda yang fun to drive tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Sekarang mari kita lihat berapa harga semua tipe Brio Satya di Dealer Honda Semarang, yang bisa dipilih-beli sesuai hasrat, preferensi dan tentunya keseimbangan finansial.

Varian BrioHarga (Rp.)
Satya S MT149.500.000
Satya E MT158.500.000
Satya E CVT174.000.000
  • Daftar harga berlaku di seluruh area layanan Dealer Honda Semarang per Februari 2020.
  • Harga tercantum belum termasuk diskon atau cashback!
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan!

Untuk harga mobil lainnya silahkan kunjungi halaman Daftar Harga Mobil Honda Semarang.

Simulasi Kredit

Varian Brio Satya
Harga OTR (Rp)
Uang Muka (Rp)
Minimal Rp. 0 (30% dari harga)
Tenor Angsuran (Rp)
12 bulan0
24 bulan0
36 bulan0
48 bulan0
60 bulan0
  • Simulasi kredit ini bukan perhitungan resmi pihak leasing!
  • Hasil perhitungan bersifat tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Perhitungan sudah mencakup asuransi All Risk selama masa kredit.
  • Syarat pengajuan kredit dapat dibaca di halaman persyaratan kredit.

Eksterior

Berbekal permak total di tahun 2018, tampilan wajah dan punggungnya terkerek naik melampaui batas mobil jelata. Update terbesar terang mencuat dari eksteriornya, sementara sektor interior tak banyak mendapat sentuhan desain ataupun fitur baru. Hal ini dilakukan semata-mata demi menjaga harga jual tetap terjangkau dan kompetitif.

Honda Brio Satya E
Wajah baru, segar & stylish

Perombakan utama yang langsung terasa adalah dimensi yang memanjang menjadi persis 3,8 meter. Pemelaran itu membuat wheelbase naik sekitar 100 mm, menghasilkan total jarak antar sumbu roda menjadi 2405 mm. Selain membuat membuat ruang kabin kian lega, melarnya ukuran juga berimbas pada handling yang makin membaik.

Memang tatkala mencermati bagian depan, semua orang langsung paham bila tampang Brio Satya banyak mencontek Mobilio. Ini lumrah terjadi, pun yang ditiru adalah desain mobil Honda juga. Meski demikian, contekannya bisa dibilang tak 100% serupa.

Pada hidungnya melintang sebuah bilah berlapis krom “bling-bling” yang siluetnya jelas membentuk kembangan sayap lengkap dengan logo Honda di tengah. Bilah solid tersebut dipadu dengan grille gelap bermotif honeycomb sehingga terlihat kontras dan seolah mencuat keluar. Selain itu bumper tak dibiarkan polos, ada pahatan tegas dari bawah lampu utama hingga under spoiler yang terlihat serasi dengan facia keseluruhan.

Honda Brio Satya S
Satya S, Brio termurah di Semarang

Bergesar ke belakang, buntut ikonik berkaca jumbo ala Civic Wonder hatchback “jaman old”, terpaksa diistirahatkan, berganti yang proper. Kendati rasionya mengecil, pandangan ke belakang tetap luas seperti generasi sebelumnya.

Untuk profil samping kiri-kanan perubahannya hanya terletak di pilar C. Sementara identitas lain seperti dua bilah pahatan panjang dari fender depan hingga pintu belakang tetap dipertahankan.

Interior

Daleman-nya tipikal Brio Satya generasi terdahulu dengan kelir black-ivory. Warna ivory untuk pilar, langit-langit, jok, dan beberapa aksen di pintu. Selain yang disebutkan tadi semuanya serba hitam. Komposisi warna demikian memang jadi kombinasi baku pada kebanyakan mobil, lantaran secara tak sadar membersitkan impresi lapang bagi penumpang.

Interior Honda Brio Satya E
Kabin Satya E, penuh aksen silver.

Berlanjut ke dashboard yang seluruhnya berkelir pekat, meski berbahan hard plastic, pada Brio Satya bahan tersebut kualitasnya masih di atas LCGC merek tetangga. Selain itu, dashboard tak dipenuhi pernak-pernik aneh. Semuanya standar dan fungsional.

Tak ketinggalan, segenap jajaran Satya konsisten dipersenjatai double DIN audio stytem dan AC Digital berfitur MAXCOOL lengkap dengan pengaturan hembusan angin ke arah kepala, kaki atau keduanya.

Jok depan masih semi bucket dengan head rest menyatu. Kendati banyak yang latah mencibir wujudnya, menjulukinya jok “pocong”, ternyata posisi duduk Brio justru lebih suportif dan ergonomis ketimbang kompetitor sekelas!

Interior Honda Brio Satya E
Brio Satya 23, baris kedua muat bertiga

Sementara jok belakang semakin layak diduduki rame-rame. Kelayakan ini disebabkan oleh dua faktor. Pertama karena punya 3 sandaran kepala terpisah dan masing-masing sudah adjustable.. Kedua, berkat naiknya jarak sumbu roda, kaki penumpang belakang tak gampang mentok jok ke depan, posisi duduk bisa selonjoran santai dan bebas dari rasa terjepit.

Pada tabel spesifikasi di bawah telah dicantumkan fitur macam apa yang kita dapat pabila meminang All New Brio Satya di Dealer Honda Semarang.

Performa

Di balik kap, mesin 1200cc 4 silinder i-VTEC kukuh dipertahankan karena sudah terbukti efisiensi dan reliabilitasnya. Walaupun tenaganya “hanya” 90PS dengan torsi 110Nm, besaran angka tersebut sudah “turah-turah “untuk mobil sekecil dan seringan ini. Mesin ini juga sudah siap kalo mau di-tune ulang demi power yang lebih buas.

Dimensi mungil dan bobot ringan juga membuat handling-nya jadi sangat lincah. Ditunjang setting EPS (Electronic Power Steering) yang cukup cerdas dan tak terlalu artificial. Genggaman kemudinya terasa ringan saat berjalan santai dan mantap sewaktu dipacu kencang. Hingga kini, feel kemudi ala Honda ini masih belum tertandingi lawan sekelas!

Mesin Honda Brio
Tenaga “turah-turah”,, siap ngacir

Bagi kita kaum urban yang rutin berjibaku dengan lalu lintas merayap, membeli mobil bertransmisi otomatis nyaris suatu keharusan. Di sinilah transmisi CVT Earth Dreams menunjukkan tajinya berkat karakter akselerasinya yang smooth tanpa hentakan namun masih cukup responsif saat pedal gas di-bejek dalam.

Sebaliknya bila jalanan yang sering dilalui setiap hari tak terlalu macet, versi transmisi manualnya sepertinya lebih layak dipilih. Tak lain karena tuas perpindahan gigi khas Honda yang ringan dan presisi, disertai pijakan kopling yang enteng membuat mobil terasa makin asyik dikendarai.

Safety

Meski masuk skema LCGC tak bermakna mobil ini minim perangkat keselamatan. Sebaliknya, di balik body tersimpan rangka berteknologi GCON + ACE™ hasil pengembangan in-house Honda secara mandiri yang telah teruji kehandalannya sepanjang 2 dekade terakhir.

Fokus desain struktur rangka GCON + ACE™ (G-Force Control + Advanced Compatibility Engineering) adalah meminimalisir kerusakan rangka kabin ketika terjadi tabrakan antar kendaraan berbeda ukuran, misalnya Brio dengan kendaraan yang lebih besar.

Struktur Rangka Honda Brio
Tahan benturan. Struktur rangka dari baja super kuat.

Rangka kabin dibangun dari Advanced High-Strength Steel cukup kuat menahan benturan dari berbagai arah. Lantaran statistik tabrakan frontal cukup tinggi, area depan hingga lantai diberi penguatan tambahan untuk menanganinya.

Selain struktur kabin yang dapat dipertahankan keutuhannya setelah terhantam, keselamatan penghuni masih ditunjang dengan sepasang kantung udara pada kabin depan serta sabuk pengaman ber-pretentioner and load limiter yang bakal mengencang otomatis ketika mendeteksi hentakan mendadak.

Tabel Spesifikasi

Tabel berikut merinci detil spesifikasi dan fitur untuk semua varian Brio Satya yang dijual Dealer Honda Semarang. Bila ada fitur yang terdengar asing, cobalah dulu bagian keterangan istilah. Jikalau masih ada yang hendak ditanyakan, silahkan hubungi kami.

Spesifikasi Lengkap Brio Satya

Brio SatyaS M/TE M/TE CVT
Mesin
Tipe1.2 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW
Sistem Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah73,0mm x 71,6mm
Isi Silinder1199cc
Rasio Kompresi10.1
Daya Maksimum90PS / 6.000rpm
Torsi Maksimum110Nm / 4.800rpm
Dimensi
P x L x T3.800mm x 1.680mm x 1.485mm
Jarak Sumbu Roda2.405mm
Jarak Pijak Depan / Belakang1.480mm / 1.465mm
Kapasitas Tangki35 Liter
Transmisi
Tipe5 Speed M/TCVT Earthdream
Sistem Kemudi
SistemRack & Pinion
Power SteeringElectronic
Steering AdjustTilt
Sistem Suspensi
DepanMacPherson Strut
BelakangH-Shape Torsion Beam
Sistem Pengereman
DepanVentilated Disc
BelakangDrum
ABS + EBDYa
Roda
Ban175/65 R14
Pelek14" Steel Wheel14" Alloy Wheel
Eksterior
Lampu UtamaHalogen
Lampu KabutTidakYa
Heat Rejecting Green Tinted GlassYa
AntenaMicro Antena
Wiper BelakangTidakYa
LED High Mount Stop LamYa
Interior
Head Unit2DIN, USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, CD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone
Audio Steering SwitchTidakYa
Multi Information DisplayYa
ECO AssistYa
Pendingin UdaraDigital A/C with MAXCOOL
Adjustable HeadrestBaris Kedua
Warna InteriorBlack / Ivory
Pendukung Keselamatan
Struktur RangkaG-CON + ACE™
Air BagDual Front i-SRS Air Bag
Seatbelt Baris Pertama2 x 3P ELR
Seatbelt Baris Kedua2 x 3P ELR + 1X 2P ELR
Pengingat SeatbeltKursi Pengemudi
Pretensioner with Load Limiter SeatbeltYa
Penunjang Keamanan
AlarmYa
Auto Door Lock by SpeedTidakYa
ImmobilizerYa
Rear Trunk OpenerElektronik

Keterangan Istilah

  • Struktur Rangka G-CON + ACE
    Teknologi untuk peredam energi saat mobil mengalami benturan frontal maupun samping. G-CON dirancang menjaga struktur kabin tetap utuh dan menjamin keselamatan penumpang, terutama saat bertabrakan dengan kendaraan yang lebih besar ukurannya.
  • ABS (Anti-Lock Braking System)
    Sistem elektronik yang mengatur tekanan rem, demi mencegah roda mengunci saat pengereman mendadak.
  • EBD (Electronic Brake-force Distribusion)
    Bertugas mendistribusikan daya pengereman merata ke semua roda, memaksimalkan upaya mengurangi laju atau menghentikan kendaraan.
  • Dual Front SRS Air Bag
    Dua kantong udara penyelamat pada setir dan dashboard sisi penumpang, yang mengembang otomatis tatkala mobil mengalami benturan keras.
  • Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter
    Sabuk pengaman 3 titik ber-pretension bakal otomatis mengencang saat mendeteksi hentakan mendadak, menahan tubuh agar tak berguncang. Sedang load limiter bertugas mengurangi tekanan berlebih pada tubuh, mecegah cedera area dada sekaligus menjamin tubuh menghempas tepat ke air bag.
  • Immobilizer
    Sistem keamanan elektronik berupa kunci ber-transponder, yang membuat mesin hanya bisa dinyalakan dengan kunci aslinya, mengurangi kemungkinan kendaraan dicuri.
  • MAXCOOL
    Fitur pada A/C guna mempercepat pendinginan kabin. Hanya dengan sekali memencet tombol, blower akan berputar maksimal pada suhu terdingin.
  • Auto Door Lock
    Mekanisme pengunci pintu otomatis. Pada pengaturan default pintu akan terkunci sendiri ketika mobil telah berjalan pada kecepatan 15 km/jam.

Sumber data:
Honda Indonesia

Mobil Honda Lainnya

HR-V

HR-V

Harga mulai Rp.301.450.000

CR-V

CR-V

Harga mulai Rp.468.450.000

BR-V

Harga Mulai Rp.252.500.000

Jazz

Jazz

Harga Mulai Rp.254.500.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *