0813 2638 7999

Honda Civic Turbo 2020

Civic Turbo Semarang

Civic Turbo merepresentasikan kedewasaan bahasa desain Honda sembari mendefinisikan ulang makna sedan kompak yang bertenaga, lincah, lega dan fungsional,

Harga & Varian

Civic Turbo merupakan nama yang dipilih untuk versi sedan di tanah air. Sejauh ini, ia menjadi anggota keluarga Civic berdimensi terbesar yang pernah diproduksi Honda. Meski demikian, besaran harga jual Civic Turbo di Dealer Honda Semarang tak jauh dari saudaranya Civic Hatchback, dengan selisih tak sampai 35 juta rupiah.

Civic Turbo Hero
Kekar. Membesar tapi tak gemuk

Seperti saudaranya yang berbuntut buntung, hanya ada satu varian Civic Turbo di Indonesia, tak ada diferensiasi spesifikasi sebagai bahan pertimbangan seperti di luar negeri. Namun setidaknya opsi tunggal ini dibekali amunisi full spek yang sangat kompetitif dan dapat dibeli dengan harga reasonable.

Varian CivicHarga (Rp.)
1.5 Turbo CVT537.750.000
  • Daftar harga berlaku di seluruh area layanan Dealer Honda Semarang per Februari 2020.
  • Harga tercantum belum termasuk diskon atau cashback!
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan!

Untuk harga mobil lainnya silahkan kunjungi halaman Daftar Harga Mobil Honda Semarang.

Civic Turbo Escape

Pilihan Warna

Pilihan warna Civic Turbo cenderung beraura kalem sesuai hasrat mayoritas peminat segmen compact sedan. Karena itu, kelir Rallye Red terpaksa ditiadakan, meninggalkan 4 alternatif warna untuk dipilih.

Simulasi Kredit

Varian Civic Turbo
Harga OTR (Rp)
Uang Muka (Rp)
Minimal Rp. 0 (30% dari harga)
Tenor Angsuran (Rp)
12 bulan0
24 bulan0
36 bulan0
48 bulan0
60 bulan0
  • Simulasi kredit ini bukan perhitungan resmi pihak leasing!
  • Hasil perhitungan bersifat tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Perhitungan sudah mencakup asuransi All Risk selama masa kredit.
  • Syarat pengajuan kredit dapat dibaca di halaman persyaratan kredit.
Civic Turbo Headligth

Eksterior

Inovasi desain Civic Turbo terlihat makin dewasa sembari terus mengekspresikan gairah muda yang sudah menjadi tradisinya. Sudut-sudut dinamis di tubuhnya memang tak terlampau agresif, namun tetap jauh dari persepsi konservatif. Sosok yang wajar dan pantas jadi andalan mobilitas insan mapan.

Dari kompleksitas rancangan multi reflector LED headlights sebagai pencahayaan utama, simplisitas grille berbilah krom solid, serta bumper tebal yang bersih tak banyak lekukan, terbangunlah impresi wajah elegan dalam sentuhan modern.

Civic Turbo Exterior
Simplisitas facia. Kedewasaan desain Honda.

Apalagi sejak facelift awal 2020 lalu, elegansinya dipertegas dengan menanggalkan “taring” pemisah kluster bumper, menghapus honeycomb mesh yang tak perlu, serta menyelipkan bilah beraksen krom menemani LED fog lights. Seluruhnya demi bumper yang clean dan simpel selaras gatra grille-nya.

Tampang rupawan bukanlah daya tarik utamanya karena perspektif terbaik menikmati eksterior sedan Civic generasi ke-10 justru datang dari samping. Siluet fastback dengan garis atap yang meluncur mulus hingga ujung bagasi menjadi bagian terseksinya.

Selain atraktif di mata, secara teknis, gaya slooping roof line serupa coupe ini ekuivalen dengan aerodinamika mumpuni. Masalahnya, kontur atap ke-“kupe-kupe”-an cenderung memangkas ruang kepala penumpang belakang. Lantas, apakah ubun-ubun mereka bakal menyundul langit-langit? Kita kupas nanti di bagian interior.

Civic Turbo Exterior
Fastback style! Seksi ala coupe.

Perubahan lain pada sisi samping adalah bagian tergelap pelek yang dulu tertutup pure black, sekarang dilaburi abu-abu. Motif peleknya sendiri tak berubah. Tarikan lurus berdampingan garis melengkung dirancang mengikuti body styling membekap pelek 17 inci dengan ban berprofil 215/50.

Sebagai konsekuensi kontur ala fastback, beberapa elemen di bagian belakang diposisikan lebih naik dibanding normalnya sebuah sedan. Pun ini tak buruk, ada sedikit gelagat jumawa lantaran pinggulnya jadi ikut-ikutan tinggi berisi.

Tak seperti versi hatchback yang agak “meriah”, buritannya dieksekusi lebih santun. Bumper-nya mulus minim lekuk aneh, dan tak ada spoiler melintang menghalangi pandangan serta posisi knalpot yang normal. Sentuhan elegan pun minimalis, hanya sebilah krom ramping di bawah bumper. Satu-satunya unsur “ofensif” di sini hanyalah reflektor dan tail lights yang bentuknya mirip abjad C.

Civic Turbo Exterior
C-shape tail lights, menjepit pinggul.

Rancang bangun Civic generasi ke-10 merefleksikan karakter “Otokomae”—oleh rakyat Jepang ia digambarkan sebagai sosok hero berjiwa maskulin, selalu bergerak aktif, dan berpenampilan menarik.

Honda Global

Civic Turbo Spacious

Interior

Kabin depan Civic Turbo dimodali dashboard bersudut dinamis yang melambangkan progresivitas. Kesan lebar dan tinggi datang dari layout keseluruhan yang seakan terbagi horisontal oleh garnish panel bertekstur cutted titanium, serta terbelah vertikal oleh center console yang menyatu hingga dashboard.

Material soft touch nan premium menutupi sebagian besar bidang dashboard. Selain di situ, bahan soft touch juga ada di center console dan door trim pada ke-empat pintu. Namun area bawah yang jarang tersentuh tangan masih didominasi hard plastic—komposisi wajar buat mobil di kelas ini.

Untuk sistem hiburannya, Civic Turbo Semarang dilengkapi layar sentuh berdiagonal 7 inci dengan fitur multimedia lengkap (lihat tabel spesifikasi di bawah). Sistem ini menyalurkan sinyalnya ke perangkat audio dengan konfigurasi 8 speaker berupa 4 mid to low dan 4 tweeter. Lazimnya mobil Honda, dentuman dan detil suara terdengar sangat mantap bagi telinga awam.

Interior Civic Turbo
Dinamis. Dashboard lebar ber-layout modern.

Menumpuk di bawah touchscreen ada auto climate control, perangkat pengendali temperatur mandiri yang cukup cerdas mengatur suhu kabin secara otomatis tanpa campur tangan manusia. Sayangnya untuk pasar Indonesia, climate control milik Civic Turbo masih single zone.

Sesudah sistem hiburan dan pendingin ruang, penghuni dimanja jok kulit asli berbusa empuk dengan bantalan side support berukuran sedang. Spesial buat baris depan, semua kursinya dapat disetel secara elektrik. Bedanya, kursi sopir memiliki mode pengaturan 8 arah sementara pendampingnya hanya 4 arah.

Walau bangku belakang posisinya fixed—tak dapat diatur kerebahannya—namun kemiringannya sudah pas untuk disandari. Selain ruang di depan lutut yang luar biasa lega, ujung kaki penumpang masih dapat diselipkan ke bawah kursi depan, bahkan saat kursinya sudah dimundurkan dan diturunkan sepenuhnya.

Interior Civic Turbo
Back seats. Senyaman sofa mewah.

Kekhawatiran kontur atap mirip coupe yang mungkin mempengaruhi ruang kepala penumpang belakang ternyata bukan masalah berarti. Karena sasis monokok berlantai rendah, ketinggian jok bisa direndahkan dan menyisakan banyak ruang kepala. Meskipun sedikit terpangkas, kabin belakang terbukti masih sanggup mengakomodir orang jangkung bertinggi 180 cm.

Raihan kelegaan kabin Civic Turbo erat kaitannya dengan pemelaran body, posisi duduk kian rendah, downsizing mesin dan dimensi gearbox yang makin ringkas. Masing-masing faktor menyumbang tambahan ruang sehingga ruang kabin naik signifikan meski atapnya turun 2 cm dan wheelbase hanya bertambah 3 cm dari generasi sebelumnya.

Penyimpanan Civic Turbo
Anti tercecer. Area penyimpanan dan cup holder.

Penyempurna kabin menyenangkan aspek praktikalitas seperti laci penyimpanan dan bagasi. Mobil ini punya 3 storage area di center console, 4 door bin, dan 1 glove box. Juga ada 7 cup holder, yang tersebar pada tiap daun pintu, 1 di konsol tengah, dan 2 pada sandaran tengah bangku belakang.

Volume bagasi ± 519 liter memang lebih kecil dari Civic hatchback, namun di antara sesama sedan berbuntut coupe, volume Civic Turbo termasuk kategori class leading. Daya tampung tersebut diperoleh dari lantai bagasi yang dirancang agak dalam. Dengan kedalaman ini, saat koper ukuran 24 inci diberdirikan atau ditumpuk, pintu bagasi masih bisa ditutup sempurna.

Bagasi Civic Turbo
Bagasi Lapang! Lebih dari cukup.

Terakhir, bila penutup lantai bagasi diangkat, di bawahnya masih terdapat ruang yang cukup untuk menaruh ban cadangan. Ban cadangan yang diberikan bukan tipe space saver dengan pelek kaleng, tapi berprofil dan berpelek serupa ban terpasang.

Performa

Membesarnya dimensi tak membuat Civic Turbo overweight, berat unibody-nya malah turun 31 kg! Body ringan ditimpali mesin bertenaga yang berdiri di atas sasis rigid, menghasilkan sedan Civic berperforma terbaik yang pernah eksis. Hebatnya, semua dicapai tanpa mengorbankan reliabilitas dan efisiensi!

Mesin, Transmisi & Efisiensi

Penyulut utama lompatan performanya adalah penyematan mesin berinduksi paksa (VTEC Turbo) seperti saudara semereknya CR-V ataupun Accord. Kendati sama berkapasitas 1.5L, namun perbedaan komponen mekanikal pada turbin turbocharger membuat output Civic sedikit kalah dari keduanya.

Civic Turbo Powetrain
1.5L Turbo, lebih buas dari 2.4L NA.

Power dibatasi “hanya” 173PS saat menyentuh 5.500 rpm dengan torsi puncak 220Nm di rentang 1.700 – 5.500 rpm. Agak konservatif memang, tapi bila dibanding 2.400cc naturally aspirated milik Honda Accord lampau, mesin ini jelas lebih progresif! Apalagi mesin VTEC Turbo juga tak “manja”, performanya tetap optimal meskipun cuma menenggak BBM RON 92.

Honda merekomendasikan BBM RON 91 atau di atasnya untuk mesin turbo. Dalam kondisi darurat masih boleh mengisi RON di bawah rekomendasi, namun hindari pengisian rutin karena beresiko merusak mesin!

Selain itu, kendala turbo lag—jeda antara pedal gas ditekan dan reaksi mesin—banyak terpotong berkat pengadopsian electronic wastegate yang dilengkapi turbin kecil. Sisa turbo lag yang terdeteksi bisa direduksi lebih jauh dengan memindahkan tuas transmisi ke mode S agar turbo boost terjaga pada tekanan ideal.

Bagan VTEC Turbo
Bagan VTEC Turbo. Racikan performa spotan.

Respon mesin sigap dan nafas torsi yang panjang membuat akselerasinya tetap menyenangkan meski disandingkan dengan transmisi otomatis new CVT. Bersama teknologi perpindahan gigi G-Design Shift, karakter power delivery CVT baru sanggup mengimbangi berbagai gaya mengemudi. Dibawa smooth oke, mau agresif, no problem!

Selain performa, target mengkombinasikan turbocharger, direct injection system, mekanisme dual Valve Timing Control (VTC) dan transmisi CVT adalah efisiensi bahan bakar. Berdasar uji internal Honda, konsumsi bahan bakar tercatat dikisaran 19,4 km/L. Tentu ini diraih pada kondisi ideal, namun tetap saja statistik efisiensi tersebut membuktikan kalau Civic Turbo juga bisa diajak irit-iritan.

Meski jeritan ketika “VTEC kick in” telah dibungkam turbocharger, Mesin Civic Turbo dengan dual VTC sanggup menghadirkan tenaga besar yang efisien dan ramah lingkungan.

Rasa Bekendara

Demi mempertahankan marwah fun to drive yang melekat padanya, update untuk driving dynamics pun dieksekusi menyeluruh. Body yang melebar 43 mm, memanjang 105 mm dan turun 20 mm itu ditingkatkan stiffness-nya. Tubuh yang sudah stiff ini tak wajib diberi suspensi kaku lagi untuk menggapai rasa sporty. Efeknya, kelembutan bantingannya kini sebanding kompetitor Eropa.

Body & Sasis Civic Turbo
Dijamin Lincah! Body kaku di atas sasis rigid.

Kelincahannya terwujud lantaran mobil kian minim getaran dan tetap stabil terlepas berapapun laju kecepatan saat itu. Reduksi vibrasi dan stabilitas didapat dari peningkatan rigiditas lateral sasis, pengaturan ulang geometri suspensi depan, pemasangan suspensi belakang multi-link langsung ke subframe, serta merendahkan center of gravity dengan memundurkan dan menurunkan posisi mesin.

Agar raihan driving dynamics itu sampai ke pengemudi diadopsilah sistem kemudi Dual Pinion EPS yang memiliki akurasi dan feel kemudi lebih sporty dibanding Single Pinion. Dari aspek safety sistem ini juga lebih aman karena posisi motor power steering tak sejajar ataupun cukup jauh kaki pengemudi.

Tak berhenti di situ, membaiknya rasa berkendara turut dipicu perubahan posisi duduk pengemudi. Titik pinggul dudukan jok depan diturunkan 20 mm untuk mengurangi selisih ketinggian antara titik lutut dan tumit. Posisi duduk rendah dengan pose makin selonjoran ini sangat rileks dan membangkitkan sensasi “balap”. Lagipula, fun to drive sulit tergapai bila driver susah fokus karena salah duduk.

Pose Pengemudi Civic Turbo
Lower seats. Makin santai dan racy.

Di sisi lain, posisi duduk rendah mengakibatkan pandangan ke depan agak terhalang. Kompensasinya, hood (kap mesin) diturunkan 35 mm, ukuran wiper sedikit diperkecil, dan terakhir pilar A ikut dirampingkan. Semua jurus teknikal itu sukses memperluas visibilitas pengemudi dus makin waspada terhadap situasi sekeliling.

Keheningan Kabin

Kontur tubuh Civic Turbo yang 12% lebih aeordinamis serta pengaplikasian kaca depan kedap suara, signifikan menahan wind noise. Kekakuan sasis yang efektif meminimalisir getaran turut berkontribusi meredam cabin noise tanpa harus melapis seluruh body dengan bahan peredam ekstra tebal.

Karena dirasa belum cukup senyap, upaya mengheningkan kabin dilanjutkan dengan memasang peredam kompartemen mesin, tiga lapis peredam di seluruh daun pintu serta sealing tambahan pada tiap celah pintu, pilar dan lubang-lubang kecil.

Peredam Civic Turbo
Peredam suara. Kabin Civic terhening.

Untuk membekap suara dari lantai, mayoritas area bawah ditutupi sound absorbing undercover. Sementara penanganan gemuruh roda diserahkan pada pelek aluminium dengan resonator berongga yang berfungsi menekan resonansi suara ban terutama saat melewati jalan kasar.

Kendati masih menyisakan sedikit desis road noise, namun generasi ke-10 merupakan Civic terhening yang pernah diproduksi Honda. Para insinyur di belakangnya layak diapresiasi atas pencapaian ini karena tak mudah membuat mobil harian ber-handling lincah, berbobot enteng namun tak berisik!

Civic Tubo Highway Run

Safety

Struktur rangka body tahan benturan pada Civic Turbo dibangun dari beberapa jenis baja kuat disertai crumple zone pada area tertentu untuk menyerap dan menyebarkan energi benturan. Crash zone bagian samping dan atas diberi penguatan tambahan dengan ultra high-strength steel agar mampu menahan hantaman keras. Pengaplikasian material secara tepat-guna juga menyumbang pemangkasan bobot kendaraan tanpa mengurangi daya lindungnya.

Perlakuan khusus diberikan untuk area depan dengan mengimplementasikan teknologi Advanced Compatibility Engineering™ (ACE). ACE merupakan pengembangan dari struktur rangka G-CON (G-Force Control—hasil riset internal Honda) yang memanfaatkan kompartemen mesin untuk menyerap dan mendistribusikan energi tatkala terjadi tabrakan frontal.

Struktur Rangka Civic Turbo
Struktur rangka kuat, Perlindungan menyeluruh.

Untuk meminimalkan resiko mesin menerobos cangkang kabin saat tabrakan dari depan, rangka depan bagian bawah ditempatkan pada engsel yang akan memaksa mesin bergerak turun diagonal ke bawah kabin sembari mengarahkan energi benturan ke lantai mobil.

Setelah perlindungan pasif yang mengandalkan struktur body, setiap penghuni juga aktif dilindungi oleh perangkat sabuk pengaman 3 titik dengan pretentioner and load limiter, ISOFIX + tether, serta 6 buah airbags yang mengitari seluruh kabin—2 di depan, 2 di samping dan 2 side curtain airbags.

Terakhir, sedan Civic Turbo turut dilengkapi fitur keselamatan standar yang berkontribusi besar mencegah terjadinya insiden, berupa rem berteknologi ABS+EBD, Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Motion Adaptive EPS, Brake Override System, dan Emergency Stop Signal (ESS).

Security

Sistem pengaman Civic Turbo terdiri atas smart keyless entry, sistem alarm, auto door lock by speed dan engine immobilizer. Selain aman dan mempermudah akses buka-kunci pintu, remote dari smart key sudah dibekali tombol engine start untuk menyalakan mesin dari jauh.

Fitur ini berguna memanaskan mesin di pagi hari atau menyalakan A/C ketika ditinggal parkir di bawah terik matahari agar kabin sudah sejuk sewaktu dimasuki.

Tabel Spesifikasi

Tabel berikut merinci spesifikasi lengkap untuk hal-hal teknis dan bearagam fitur Civic Turbo yang tersedia di Dealer Honda Semarang.

Spesifikasi Lengkap Civic Turbo

Varian1.5L Turbo
Mesin
Tipe1.5L 4 Silinder Segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW
Sistem Bahan BakarPGM-FI (Direct Injection)
Diameter x Langkah73,0mm x 89,5mm
Isi Silinder1496
Rasio Kompresi10,6:1
Daya Maksimum173PS @ 5.500rpm
Torsi Maksimum220Nm @ 1.700 - 5.500rpm
Dimensi
P x L x T4.630mm x 2.705mm x 1.416mm
Jarak Sumbu Roda2.700mm
Jarak Pijak Depan / Belakang1.547mm / 1.563mm
Transmisi
TipeCVT with Earth Dreams Technology
Sistem Kemudi
SistemDual Pinion
Electronic Power SteeringYa
Tilt 'SteeringYa
Telescopic SteeringYa
Sistem Suspensi
DepanMacPherson Strut
BelakangMulti-Link
Sistem Pengereman
DepanVentilated Disc
BelakangSolid Disc
ABS + EBDYa
Brake AssistYa
Electric Parking BrakeYa
Auto Brake HoldYa
Roda
Profil Ban215/50 R17
Pelek17 x 7J (Alloy Wheels)
Eksterior
HeadlightsFull LED Headlights
Auto HeadlightsYa
Auto LevelingYa
Daytime Running LightYa
Fog LampLED
Heat Rejecting Green Tinted GlassYa
Power Retractable Door MirrorYa
Rear Parking CameraYa
AntennaShark Fin
LED High Mount Stop LampYa
Interior
Head Unit7,0" Capacitive Touchscreen Monitor, Navigation, CD DVD, MP3/WMA, AM/FM Radio, USB Port, HDMI Port, Wireless Smartphone Connection, Bluetooth Connection, WiFi Tethering

*Untuk beberapa model dan/atau tipe mobil Honda yang dilengkapi Sistem Navigasi, dibutuhkan update map secara berkala dengan keseluruhan biaya ditanggung oleh konsumen.
Tweeter SpeakersYa
Rear Audio Switch ControlYa
Audio Steering SwitchYa
Hands Free TelephoneYa
Cruise ControlYa
Remote Engine StartYa
One Push Ignition SystemYa
Paddle ShifterYa
Multi Information DisplayYa
ECON ModeYa
Air ConditionerAuto Climate Control
Rear A/C VentilationYa
Sun Visor with Vanity MirrorDriver + Passenger
Seat MaterialLeather
Driver Seat Adjustment8 Way
Front Passenger Seat Adjustment4 Way
Seatback PocketDriver + Passenger
Rear Seat Fold DownYa
Interior ColorBlack
Pendukung Keselamatan
Struktur RangkaG-CON + ACE™
Dual Front i-SRS AirbagsYa
Side AirbagsYa
Side Curtain AirbagsYa
Seatbelt Baris Pertama3P ELR (x2)
Seatbelt Baris Kedua3P ELR (x3)
Seatbelt ReminderDriver + Front Passanger
Pretensioner with Load Limiter SeatbeltsYa
ISOFIX & TetherYa
Vehicle Stability Assist (VSA)Ya
Hill Start Assist (HSA)Ya
Emergency Stop Signal (ESS)Ya
Motion Adaptive EPSYa
Brake Override SystemYa
Penunjang Keamanan
Key TypeSmart Key
Alarm SystemYa
Auto Door Lock by SpeedYa
ImmobilizerYa

Mobil Honda Lainnya

HR-V

HR-V

Harga mulai Rp.301.450.000

CR-V

CR-V

Harga mulai Rp.468.450.000

BR-V

Harga Mulai Rp.252.500.000

Jazz

Jazz

Harga Mulai Rp.254.500.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *