0813 2638 7999

New Honda Jazz 2020

Jazz Semarang

Resep sukses Jazz tak lepas dari cerdasnya Honda merancang subcompact hatchback yang modis, berkabin luas, multi guna, asyik dibawa cruising, irit bahan bakar dan tahan banting!

Harga & Varian

Seperti wilayah lain di Indonesia, Dealer Honda Semarang hanya menyediakan 2 tipe Honda Jazz, RS dan S. Keduanya terbagi ke 6 varian menurut jenis transmisi, fitur dan opsi warna atap dengan selisih harga Jazz termurah hingga top variant tak sampai 43 juta rupiah!

Honda Jazz RS GK5 2020

Hingga kini semua varian hanya ditenagai satu mesin 1.5 liter berkode L15Z1 yang cukup powerfull tanpa mengorbankan efisiensi BBM. Rencana HPM (prinsipal) menambah versi hybrid masih menunggu kepastian regulasi insentif perpajakan pemerintah demi menjaga harga jual tetap terjangkau pasar.

Terlepas dari limitasi itu, sekarang mari kita tengok daftar harga Honda Jazz Semarang 2020.

Varian JazzHarga (Rp.)
S MT254.500.000
S CVT264.800.000
RS MT286.500.000
RS MT Two Tone288.000.000
RS CVT296.700.000
RS CVT Two Tone298.200.000
  • Daftar harga berlaku di seluruh area layanan Dealer Honda Semarang per Februari 2020.
  • Harga tercantum belum termasuk diskon atau cashback!
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan!

Untuk harga mobil lainnya silahkan kunjungi halaman Daftar Harga Mobil Honda Semarang.

Harga tercantum sangat kompetitif di segmen mobil kompak Indonesia, apalagi depresiasi nilai Honda Jazz per tahun sepadan dengan usia mobil. Kestabilan value itu tercermin dari banderol harga Honda Jazz seken yang terkenal rasional di pasar mobkas.

Ibarat investasi, pemiliknya boleh dikata melakoni investasi pintar lantaran mendapat double profit! Setelah bertahun menemani jadi sarana mobilitas harian, kalaupun akhirnya mau dijual harganya takkan bikin meringis rugi.

Jazz Run

Pilihan Warna

Simulasi Kredit

Varian Jazz
Harga OTR (Rp)
Uang Muka (Rp)
Minimal Rp. 0 (30% dari harga)
Tenor Angsuran (Rp)
12 bulan0
24 bulan0
36 bulan0
48 bulan0
60 bulan0
  • Simulasi kredit ini bukan perhitungan resmi pihak leasing!
  • Hasil perhitungan bersifat tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Perhitungan sudah mencakup asuransi All Risk selama masa kredit.
  • Syarat pengajuan kredit dapat dibaca di halaman persyaratan kredit.

Eksterior

Improvisasi desain generasi terbaru makin merepresentasikan hatchback cakep yang disukai semua orang. Mereka mengagumi Jazz yang atraktif, definitif dan secercah aura racing—meski mesinnya sendiri tak “kencang-kencang” amat.

Honda Jazz RS 2020
Wajah Jazz RS, kecil-kecil agresif!

Tak seperti iterasi lampau, diferensiasi styling wajah tipe RS dan S edisi terkini sangat kentara. Bagai individu berkepribadian ganda, gurat detail RS cenderung bengis-ekspresif ala-ala hot hatch, sebaliknya tipe S justru manis-minimalis.

Di pinggir bumper RS ada pahatan bersudut lancip ditemani cladding hitam melebar horisontal yang terkesan ingin menyatukan kedua fog lamp housing ke dalam satu kluster. Di bawah lampu kabut diberi sirip tajam menekuk keluar yang menyambung ke jaring pengaman radiator berpola sarang lebah.

Agresivitas dan kerumitan desain ini absen pada tipe S yang masih berkutat pada layout sebelum major facelift 2019. Facia-nya justru terkesan montok membulat, mungkin gara-gara tak banyak area berwarna gelap. Walau begitu, tarikan garis bumper-nya harmonis dengan sudut lekukan grille hingga ke ujung lampu utama.

Honda Jazz S 2020
Jazz tipe S, mewarisi desain pre-facelift

Berbicara tentang lampu utama, varian atas sudah dibekali LED yang tertanam ke multi reflector—sejenis milik HR-V atau CR-V Turbo—sedang varian bawah masih bertahan dengan single reflector berbohlam halogen. Turn light terletak pada sisi dalam rumah lampu, sementara LED DRL (RS) ada di sisi terluar. Lalu ada positioning lamp (lampu senja) yang terpasang di bawah kelopak headlight.

Lantaran bentuk bumper-nya tadi, moncong Honda Jazz RS sedikit lebih runcing ketika dipandang dari samping. Ini pula yang menyebabkan dimensinya memanjang 8 cm dibanding tipe S.

Body samping Jazz GK5 punya ciri pahatan di pinggang yang memanjang dari fender depan menembus tuas pintu lalu berakhir di rumah lampu belakang. Simetri yang menarik sebenarnya, cuma urusan selera subyektif sehingga beberapa orang sulit mencerna maksud pahatan ini. Love it or hate it!

Honda Jazz 2020
Tipe S vs RS, dipilah-pilih

Tambahan sideskrits pasti hanya buat RS, namun spion yang bisa melipat-membuka secara elektris (Retractable Door Mirror) dengan integrasi lampu sein adil merata di semua model. Bedanya cuma di kelir housing spionnya saja, yang satu hitam lainnya sewarna body.

Beralih ke roda, profil ban seluruh varian RS adalah 185/55 R16, sementara tipe S dibedakan antar variannya. S CVT berpelek 16 inci, lalu S M/T cuma ring 15. Keduanya punya ban berprofil serupa, 175/65. Secara default semua pelek berbahan alloy namun milik RS dapat finishing dual tone nan sporty.

Mundur ke area punggung, mata langsung terpatri ke light refletor yang menyatu dengan kaca belakang lalu menyambung ke tail light di pinggang. Goresan garis pembentuk “otot” punggung tersambung dengan pahatan panjang di pingang samping tubuhnya, merepresentasikan aliran desain yang tak terputus.

Honda Jazz RS 2020
Buritan RS, terkesan lebih ramping

Pembeda antar kelas hanya sedikit di sektor punggung. Selain tambahan tailgate spoiler di atas pintu bagasi, tipe RS masih dijejali add on ala diffuser yang membuat bentuk bumper belakang kian lugas bedanya dibanding tipe S. Terakhir, emblem indentitas tiap tipe menempel manis di pojok kanan atas biar kita tak keliru mengidentifikasi.

Overall, eksterior Honda Jazz yang dijejali garis-garis aerodinamis membersitkan ilusi “pergerakan abadi”! Bahkan ketika parkirpun sang hathback terlihat bagai melaju kencang!

Jazz Side

Interior

Sebelum menjejak ke kabin, kita disambut daun pintu berukuran besar disertai bukaan lebar di kelima jalan masuknya (termasuk bagasi). Rancangan ini ada sedari Jazz generasi awal dan konsisten dilanggengkan sampai kini. Suatu tradisi yang sangat mempermudah akses keluar masuk orang maupun barang ini .

Kabin Honda Jazz 2020
Layout kabin, representasi filosofi Man Maximum.

Akomodasi & Bagasi

Di antara alasan ia selalu diminati diberbagai benua adalah daya tampung kabin yang bikin heran geleng-geleng kepala. Dari luar dimensi body -nya boleh terlihat ringkas, namun daya tampung bagasi dan akomodasinya justru “anti-ringkas”, selapang seekor MPV kecil.

Kemampuan anti-ringkas itu digawangi fitur andalan berjuluk Magic Seats® (sebelumnya disebut Ultra Seats®). Magic Seats® adalah fleksibilitas pengaturan kursi sehingga kabin Jazz dapat dikonfigurasi untuk beragam kebutuhan! Hendak di sulap jadi tempat tidur atau mau mengangkut gulungan karpet panjang, no problem!

Honda Jazz Magic Seats®
Ilustrasi Magic Seats®, kepraktisan nan ajaib.

Akomodasi di semua baris termasuk terlega di segmennya. Lantaran atap belakang tak dipaksa melandai turun macam fastback, ruang kepala penumpang belakang jadi super duper luas. Takkan ada cerita kepala mentok ke langit-langit, termasuk bagi si jangkung yang tingginya 180cm+++.

Hebatnya meski membawa penumpang penuh, kompartemen bagasi belakang masih menyisakan ruang lapang untuk sepasang koper 20″ plus barang bawaan lainnnya. Bahkan kalau terpaksa, seorang remaja tanggung bisa disuruh duduk di bagasi yang sedang kosong, asal jangan terlalu lama saja!

Honda Jazz Magic Seats®
Multi Mode = Multi Guna

Superioritas akomodasi & kepraktisan Jazz bisa kita nikmati lantaran keberhasilan para desainer menerjemahkan filosofi Honda “Man-Maximum, Machine-Minimum” ke mobil mungil ini. Buat sarana transportasi harian, memaksimalkan daya tampung tentu lebih praktikal dan fungsional ketimbang membesarkan silinder mesin.

Kenyamanan & Hiburan

Posisi duduk pengemudi terhitung cukup rendah dan rileks, meski belum serileks sedan panjang—semisal Honda Civic—di mana kaki bisa full selonjoran, jok pengemudi Jazz sudah dibekali pengatur ketinggian, ditambah setirnya bisa di atur tilt dan/atau telescopic. Semuanya membuat driver gampang mencari posisi mengemudi ternyaman,

Busa joknya sendiri tebal dan empuk, khususnya bila diadu dengan trio Brio, Mobilio dan BR-V. Jok sudah berlapis trim fabric lembut, siapapun yang mendudukinya dijamin bebas pegal-pedas kendati menempuh perjalanan jauh.

Harus diakui kekedapan kabinnya bukanlah yang terbaik. Pada kecepatan tinggi gemuruh suara roda cukup terdengar menembus masuk. Walau begitu kekurangan ini masih diambang toleransi, tak sampai membuat balita susah tidur atau mengganggu percakapan antar penumpang.

AC Honda Jazz RS 2020
Climate Control cerdas, hanya buat tipe RS.

Untungnya sistem multimedia terpasang cukup untuk menghibur seluruh penumpang. Ditunjang 4 speaker di tiap daun pintu (khusus tipe RS masih ditambah 2 tweeter lagi) yang sanggup menggemakan tata suara berkualitas melampaui kompetitor sekelas.

Hembusan udara sejuk dari air conditioner menjadi kunci kenyamanan perjalanan di wilayah tropis seperti Indonesia. Jazz tipe S dilengkapi A/C analog 4 kecepatan dengan pilihan arah hembusan komplet. Sementara untuk tipe RS, digital climate control-nya sudah touch sensitive, dan suhu kabin bisa di-setting agar otomatis naik/turun sesuai temperatur lingkungan sekitar.

Terakhir, untuk urusan visibilitas keluar Jazz selalu jadi jawaranya. Windshield lebar ditemani kaca samping dan belakang besar membuat driver mudah memantau situasi sekeliling dan seluruh penguninya dijamin bebas fobia ruang sempit!

Jazz Dashboard

Performa

Nyaris setiap tahun Honda Jazz selalu memimpin pasar segmen hatchback Indonesia. Selain alasan subyektif seperti preferensi merek ataupun tampilan yang keren, keberhasilan itu tak lepas dari obyektivitas reputasi performa dan handling-nya yang terbukti menawarkan pengalaman nan menyenangkan.

Mesin & Transmisi

Kinerja tenaga dan torsi mesinnya bukanlah sesuatu yang istimewa, namun reliabilitas mesin SOHC i-VTEC berkode L15 adalah realita tak terbantahkan. Jazz GK5 di Indonesia menggendong versi refinement-nya dan dilabeli kode L15Z1. Dari kapasitas murni 1.496cc menyembur tenaga sebesar 120 PS (± 118 HP) diiringi torsi 145Nm.

Mesin Honda Jazz L15Z
Reliabilitas L15, calon mesin legendaris?

Tuah mesin SOHC naturally aspirated adalah putaran bawahnya lumayan “nendang” sehingga mobil mudah berakselerasi. Selain cocok bagi situasi stop and go di jalan perkotaan, watak ini juga bikin kita percaya diri sewaktu menyalip. Bila pedal gas tetap ditahan, tenaga akan terus datang linear hingga mencapai puncaknya pada 6.600rpm.

Mereka yang teliti akan menyadari jika angka-angka tadi (tenaga dan torsi) tak berubah dari Jazz sebelumnya. Tak salah memang, tetapi harus diingat, raihan angka itu dipertahankan sembari menekan emisi gas buang di bawah batasan EURO 4 diiringi peningkatan efisiensi!

Performa mesin dan efisiensi maksimal akan diraih bila menggunakan BBM RON 91.

Produksi tenaga dan torsi mesin lalu dihantarkan ke roda depan melalui 2 pilihan transmisi, otomatis Continuously Variable Transmission (CVT) dan 5 Speed M/T. Sebagai city car, CVT jadi opsi terbaik karena transmisi ini mengizinkan mesin selalu bekerja pada rpm paling efisien. Walhasil, apapun kondisi lalu lintasnya, konsumsi bahan bakar sama iritnya.

Yang mengejutkan, akselerasi oversmooth dan suara menggerung khas CVT tak begitu terasa di sini—kecuali saat dipacu konstan pada kecepatan tinggi. Alih-alih, CVT-nya sanggup memberi sensasi jambakan kecil sewaktu pedal gas diinjak mendadak, persis seperti transmisi manual.

Profil New CVT Honda
Profil CVT Baru, kurva tenaga lebih spontan

Ini lantaran saat di-kick down, CVT terlebih dahulu menurunkan “gigi” sembari ECU menaikkan putaran mesin demi meraih spontanitas akselerasi yang lebih mengigit. Namun jika dirasa masih kurang agresif, coba pindahkan tuas ke mode S lalu mainkan paddle shifter-nya (tipe RS).

Kalapun Anda kukuh tak mau yang otomatis, semua tipe Jazz Semarang turut tersedia dalam varian bertransimisi manual. Mongo di order..

Rasa Berkendara

Kenikmatan mengemudi Jazz GK5 bertambah berkat penyempurnaan penyaluran tenaga, sasisnya yang makin rigid, kuat sekaligus ringan. Penyempuraan itu kian menegaskan tahtanya sebagai hatchback lokal paling fun to drive yang bisa dimiliki saat ini.

Pengaturan ayunan suspensi lebih empuk ketimbang Jazz sebelumnya (GE8). Memang masih terasa sedikit kaku ketika melewati jalanan tak rata, namun setting suspensinya bakal membuat kita tersenyum lantaran kestabilannya di kecepatan tinggi dan minimnya gejala oversteer / understeer saat menikung.

Putaran kemudinya enteng tapi tidak kosong, dan rasa “berisi” itu terus hadir disemua tingkat kecepatan. Dimensi ringkas diiringi radius putar hanya 5,2 meter membuatnya mudah bermanuver ataupun diparkir menyelip di tempat sempit.

Jazz bukanlah hot hatch ber-handling ultra tajam macam Civic Type R, namun bagaimanapun juga ia berdarah Honda, dus mewarisi DNA fun-to-drive-nya!

Jazz Race

Safety

Insiden saat berkendara bisa saja terjadi bisa terjadi kapanpun walau kita sudah berhati-hati dan waspada. Sebagai antisipasi, Honda Jazz dipersenjatai sejumlah perangkat keselamatan, baik aktif maupun pasif, demi memaksimalkan perlindungan penumpang dan memberi rasa aman sepanjang perjalanan.

G-CON + ACE™

Urutan pertama dalam daftar fitur safety adalah teknologi rangka G-CON + ACE™ sebagai peredam energi saat tabrakan disertai perlindungan benturan samping (side impact beam).

Dual SRS Airbags

Teknologi kantung udara ganda untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat tabrakan. Fitur SRS Airbags hadir disemua tipe tanpa terkecuali.

Pretentioner with Load Limiter Seatbelt

Pretentioner pada sabuk pengaman bertugas menahan tubuh bergerak berlebih saat terjadi hentakan kuat. Sementara load limiter akan memastikan tekanan yang diterima tubuh saat pretensioner bekerja tak mengakibatkan cedera.

ABS + EBD

Anti-Lock Bracking Systems (ABS) mencegah roda terkunci saat mengerem dengan kuat, sementara sensor Electronic Brakeforce Distribution (EBD) akan menentukan ke roda mana dan seberapa besar daya pengereman bagi tiap roda. Secara umum sinergi keduanya sangat membantu kestabilan dan pengendalian terutama saat terjadi pengereman mendadak.

Brake Override System

Ketika panik terkadang pengemudi menekan pedal gas dan rem bebarengan. Berkat sistem ini input dari pedal gas akan diabaikan sehingga hanya rem bekerja.

ISOFIX point & Tether

Tubuh anak umumnya masih kecil sehingga sabuk pengaman kurang ideal dan tak bisa bekerja maksimal. Cara terbaik melindungi mereka yaitu dengan menempatkan pada childseat, mengunci ke ISOFIX point dan mengaitkan ke tether.

Security

Kini membuka pintu terkunci tak wajib pakai anak kunci lagi. Berkat passive smart keyless entry , cukup kantongi anak kuncinya dan tekan sekali tombol di handle pintu depan, maka bim salabin, seluruh pengunci akan terbuka.

Sistem pengaman smart keyless entry lazimnya terintegrasi bersama one push ignition system. Menyalakan mobil juga tak usah repot-repot, cukup tahan pedal rem sambil memencet engine start stop button, dan brooomm, mesin siap beraksi!

Perlu diingat fitur “pencat-pencet” tadi hanya dianugerahi bagi peminang tipe RS. Hingga update terkini, tipe S masih bertahan dengan anak kunci jenis wave key be-remote standar!

Terakhir, fitur security yang jadi standar di semua varian adalah alarm aystem, auto door lock by speed dan sistem pengaman mobil yang bisa bikin maling putus asa, immobilizer!

Sebenarnya fasilitas start stop button tak semewah yang digemborkan lantaran sepeda motor zaman old pun sudah memilikinya!

Tabel Spesifikasi

Tabel berikut merinci spesifikasi lengkap untuk hal-hal teknis dan bearagam fitur untuk setiap varian Honda Jazz yang tersedia di Dealer Honda Semarang.

Spesifikasi Lengkap Jazz

VarianRS CVTRS M/TS CVTS M/T
Mesin
Tipe1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Sistem Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah73,0mm x 89,4mm
Isi Silinder1497
Rasio Kompresi10,3:1
Daya Maksimum120PS @ 6.600rpm
Torsi Maksimum145Nm @ 4.600rpm
Dimensi
P x L x T4.035mm x 1.694mm x 1.524mm3.955mm x 1.694mm x 1.524mm
Jarak Sumbu Roda2.530mm
Jarak Pijak Depan / Belakang1.476mm / 1.466mm1.492mm / 1.401mm
Ground Clearance165mm
Transmisi
TipeCVT5 Speed M/TCVT5 Speed M/T
Sistem Kemudi
SistemRack & Pinion
Power SteeringYa
Tilt 'SteeringYa
Telescopic SteeringYa
Sistem Suspensi
DepanMacPherson Strut
BelakangH-Shape Torsion Beam
Sistem Pengereman
DepanVentilated Disc
BelakangSolid Disc
ABS + EBDYa
Roda
Profil Ban185/55 R16175/65 R16175/65 R15
PelekSporty 16" Alloy WheelAlloy Wheel 16"Alloy Wheel 15"
Eksterior
Head LampFull LED HeadlightHalogen Headlight
Daytime Running LightYaTidak
Fog LampYa
Power Retractable Door MirrorYa
Side SkirtYaTidak
LED High Mount Stop LampYa
Interior
Head Unit8" Touchscreen Display, MP3/WMA, AM/FM Radio, USB Port, HDMI Port, Aux Input, Smartphone Connection(need additional cable for phone mirroring)6,2" Touchscreen Display, CD/DVD Player, MP3/WMA, AM/FM Radio, USB Port, Made for iPod/iPhone
Tweeter SpeakerYaTidak
Leather Steering WheelYaTidak
Audio Steering SwitchYaTidak
Cruise ControlYaTidak
Paddle ShiftYaTidak
One Push Ignition SystemYaTidak
ECO AssistYa
Multi Information DisplayYa
Air ConditionerAuto A/C with Smart TouchManual A/C
Height Adjuster SeatDriver
Pendukung Keselamatan
Struktur RangkaG-CON + ACE™
Dual Front i-SRS AirbagsYa
Seatbelt ReminderDriver & Front Passanger
Pretensioner with Load Limiter SeatbeltYa
ISOFIX & TetherYa
Brake Override SystemYa
Penunjang Keamanan
Key TypeSmart KeyWave Key
Smart Entry SystemYa
Alarm SystemYa
Auto Door Lock by SpeedYa
ImmobilizerYa

Mobil Honda Lainnya

HR-V

HR-V

Harga mulai Rp.301.450.000

CR-V

CR-V

Harga mulai Rp.468.450.000

BR-V

Harga Mulai Rp.252.500.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *